Pramuka IG News

Pramuka IG News

Pramuka IG News
Selamat Hari Boden Powel yang Ke-164 hari ini ada salah satu, sejarah dalam ke Gerakan Kepanduan yang ada di Dunia dan mempelopori Gerakan Pramuka di Indonesia.

Yuu kita mengenal kembali sedikit sejarah nya, sekaligus merefresh kemabali ingatan kakak-kakak tentang tanggal 22 Februari itu ada apa sih sebenar nya?

Di setiap tahunnya, tanggal 22 Februari selalu diperingati sebagai Hari Robert Stephenson Smyth Baden Powell atau Baden Powell. Peringatan tersebut digelar untuk merayakan hari ulang tahun Bapak Pandu Dunia tersebut. Di mana, Baden Powell dilahirkan pada 22 Februari 1857.

Adapun Hari Baden Powell tahun ini adalah peringatan yang ke-164 tahun.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 4 fakta menarik Hari Baden Powell tiap 22 Februari.

1. Peringati hari lahir Baden Powell

Baden Powell dikenal sebagai seorang Bapak Pandu Dunia yang memimpin Pramuka sejak tahun 1920. Pria kelahiran London, 22 Februari 1857, tersebut meninggal dunia pada 8 Januari 1941. Untuk memperingati hari lahirnya, masyarakat kemudian menetapkan 22 Februari sebagai Hari Bapak Pandu Dunia Baden Powell.

2. Seorang tentara

Sebelum mendirikan gerakan kepanduan pramuka, Baden Powell sempat berprofesi sebagai tentara. Sepanjang karier militernya, ia sempat ditugaskan di sejumlah negara, seperti di India, hingga Afrika Selatan. Lebih lanjut, Baden Powell juga tercatat turut andil dalam mempertahankan kota Mafeking, Afrika, yang tengah mengalami Perang Boer.

3. Tulis buku kepanduan

Selama menjadi tentara, Baden Powell sempat menulis buku kepanduan berjudul ‘Aids to Scouting’ atau ‘Bantuan untuk Kepanduan’. Tak disangka, buku tersebut rupanya banyak diminati oleh para guru. Agar mudah dipahami oleh kalangan anak muda, buku tersebut kemudian ditulis ulang oleh Baden Powell dengan judul baru yakni ‘Scouting for Boys’.

4. Dirikan gerakan kepanduan

Pada tahun 1907, Baden Powell pertama kali menggelar perkemahan. Saat itu, kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 22 anak laki-laki. Dari sanalah kemudian mulai terbentuk gerakan kepanduan pramuka. Seiring berjalannya waktu, gerakan itu kemudian berganti nama menjadi ‘Boys Brigade’ atau brigade anak lelaki.

#pramukacimahingahiji

Posted by Intagrate Lite

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *