Ciptakan Pembina Pramuka yang Berkualitas, MAN Kota Cimahi Gelar KMD

Ciptakan Pembina Pramuka yang Berkualitas, MAN Kota Cimahi Gelar KMD

Ciptakan Pembina Pramuka yang Berkualitas, MAN Kota Cimahi Gelar KMD
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Cimahi menyelenggarakan program kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) Pembina Pramuka Se-Kota Cimahi Tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 14, 15, 21, dan 22 September 2019 selama 4 hari, pada hari Sabtu dan Minggu bertempat di Kampus MAN Kota Cimahi Jalan Kihapit Barat No. 319 Leuwigajah Cimahi Selatan.
Kegiatan KMD selanjutnya dilaksanakan di alam terbuka selama 3 hari pada tanggal 4, 5, 6 Oktober 2019 lokasi di perkemahan Alam Wisata Paku Haji. Kegiatan KMD Pembina Pramuka diikuti dari berbagai pangkalan seperti MAN Kota Cimahi, SMAS Al-Farisy Kota Cimahi, MTsS Pasundan Kota Cimahi, MI Al-Hidayah Kota Cimahi, MIS Al Firdaus Kota Bandung, Alumni MAN Kota Cimahi, SD Plus Nurul Aulia Kota Cimahi, dan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat. Jumlah seluruh peserta yang mengikuti kegiatan KMD sebanyak 55 orang  panitia 7 orang, dan pemateri 10 orang.
Adapun tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Melalui Kursus Mahir Dasar (KMD) Kita Ciptakan Pembina Pramuka Yang Berkualitas” maksud diselenggarakan KMD ini untuk meningkatkan kemampuan spiritual dan intelektual, keterampilan, dan ketahanan diri yang dilaksanakan melalui metode belajar interaktif dan progresif. Awaludin Hamzah selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan “Tujuan dari diselenggarakan KMD Pembina Pramuka adalah membina disiplin pembina pramuka dalam suatu dinamika untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dan diharapkan juga melalui penyelenggaraan KMD dapat membentuk pembina pramuka dengan kecakapan, yang apabila dikembangkan dapat membangun kesadaran bagi setiap Pembina pramuka terhadap manfaat kepramukaan dan meningkatnya mutu kompetensi yang didasari oleh kecakapan umum dan khusus.” katanya.
KMD Pembina Pramuka Tahun 2019 yakni suatu kegiatan untuk membentuk seseorang menjadi pembina pramuka. Acara ini dikemas selama 7 hari selama 70 jam pelajaran mulai pukul 07.30 s.d 16.00 WIB. Ddiawali dengan sambutan dari Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan, turut hadir pula Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Cimahi yang berkenan memberi sambutan dan mengapresiasi kegiatan ini. Selanjutnya kegiatan KMD Pembina Pramuka dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarcab Pramuka Tingkat Kota Cimahi. Mengawali kegiatan KMD dihari pertama peserta diwajibkan mengikuti Pre Test (online). Tugas yang harus dikerjakan peserta berupa pertanyaan yang diberikan diawal memulainya kegiatan pembelajaran. Dan diakhiri dengan Pos Test (online) sejumlah tugas yang harus dikerjakan berupa pertanyaan yang harus dijawab peserta setelah proses kegiatan pembelajaran berakhir.
Materi didalam kelas lebih kepada teori tetapi ada juga praktek lapangan seperti pelaksanaan upacara pembukaan dan penutupan. Materi yang disampaikan dalam KMD Pembina Pramuka di hari kedua, ketiga dan keempat lebih aplikatif dengan metoda interaktif dan progresif diwujudkan melalui interaksi seperti pengamalan kode kehormatan pramuka, dinamika kelompok, kompetensi, dan peserta diberi ilmu pengetahuan tentang jenjang kepramukaan terdiri atas Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega yang disesuaikan dengan kebutuhan dan diarahkan untuk menumbuhkan partisifasi pembina pramuka selama yang bersangkutan mengikuti KMD Pembina Pramuka.
Alhamdulillah peserta KMD dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang diselenggarakan hingga tuntas, dengan kurikulum dan metodologi kegiatan yang aplikatif terhadap kebutuhan pembina pramuka, sehingga akhir dari kegiatan ini peserta mendapatkan perjalanan yang berharga.” ujar Ahmad Saripudin sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan.

Sumber : http://jabar.kemenag.go.id/portal/read/ciptakan-pembina-pramuka-yang-berkualitas-man-kota-cimahi-gelar-kmd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *